PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 SIBLAH KRUENG PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

Authors

  • Yusrawati Yusrawati Universitas Almuslim
  • Marnita Marnita Universitas Almuslim

Keywords:

Hasil Belajar Fisika, Gelombang Cahaya, Pembelajaran Sains Berbasis Keunggulan Lokal (PSBKL)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan alat peraga dalam model Pembelajaran Sains Berbasis Keunggulan Lokal (PSBKL) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Siblah Krueng pada materi gelombang cahaya. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng melalui penggunaan alat peraga dalam model pembelajaran sains berbasis keunggulan lokal pada materi gelombang cahaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng melalui penggunaan alat peraga dalam model pembelajaran sains berbasis keunggulan lokal pada materi gelombang cahaya. Hasil observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat pada pelaksanaan aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 74,4%, kemudian meningkat menjadi 99,2% pada siklus II. Sementara hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 77,4% dan meningkat menjadi 97,5% pada siklus II. Hasil belajar terjadi peningkatan disetiap siklusnya yaitu  pada siklus I diperoleh 61% dan siklus II diperoleh 91% mengalami peningkatan sebesar 30%. Respon siswa terhadap model pembelajaran Sains Berbasis Keunggulan Lokal (PSBKL) dengan penggunaan alat peraga tergolong sangat baik yaitu dengan perolehan persentase sebesar 91,7%.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kunandar, GuruProfesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. 2007.

E. Prasetyo, “Pembelajaran Sains Berbasis Keunggulan Lokal ( PSBKL ): Sebuah Upaya Strategis untuk Mewujudkan Pembelajaran Bermakna dan Berdaya Saing Global,” in Prosiding Konferensi Integrasi Interkonksi Islam Dan Sains, 2018, vol. 1, no. September.

F. Erviani, S. Sutarto, and I. Indrawati, “Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (Mpide) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA,” J. Pembelajaran Fis. Univ. Jember, vol. 5, no. 1, 2016.

Marnita, “Peningkatan Kemampuan berpikir kritis Siswa MTsN Bireuen melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga Pompa Hidrolik Sederhana konsep tekanan,” J. Pendidik. Almuslim, vol. IV, no. 1, 2016.

R. Tanjung, M. Marnita, and A. Malik, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA/ALAT PERAGA SEDERHANA DITENGAH PANDEMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI DESA KUBU RAYA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/93.

A. Azhar, “Media Pembelajaran,” Meedia Pembelajaran, 2008, doi: media pembelajaran.

R. Rahma and N. Safarati, “Implementation of Science Story Media Etnosains Based to Boost Students Concept and Scientific Attitudes,” J. Pembelajaran Fis., vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.23960/jpf.v8.n1.202005.

R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425.

M. Mahfud, “Management Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal,” ZAHRA Res. Tought Elem. Sch. Islam J., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.37812/zahra.v1i1.64.

J. M. Asmani, Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Perss, 2016.

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Paikem. 2010.

A. dkk Purwanto, “Studi Eksploratif Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J., vol. 2, pp. 1–12, 2020.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Yusrawati, Y., & Marnita, M. (2021). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 SIBLAH KRUENG PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 42–47. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/484