UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 DEWANTARA MELALUI IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

Authors

  • Nurlinda Nurlinda SMA Negeri 2 Dewantara

Keywords:

Problem Solving, kooperatif tipe two stay two stray, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, aktivitas guru dan peserta didik, serta respon peserta didik dalam proses pembelajaran melalui implementasi kolaborasi model pembealajaran problem solving dan kooperatif tipe two stay two stray pada materi matriks. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan pada peserta didik kelas XI MIPA.1 yang berjumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket respon yang dan diolah menggunakan statistik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik, pada siklus pertama hasil belajar peserta didik dari 67,8% menjadi 89,2% pada siklus kedua. Untuk aktivitas guru meningkat dari 83,9% pada siklus pertama menjadi 94,3% pada siklus kedua dan untuk aktivitas peserta didik meningkat dari 74,7 pada siklus pertama menjadi 95,7%. Selain itu implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan kooperatif tipe two stay two stray ternyata mendapat respon positif dari peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. N. A. BIANTARA, “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SD,” J. Educ. Action Res., 2020, doi: 10.23887/jear.v4i2.25003.

A. Sunendar, “Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah,” Theorems ( Orig. Res. Math. ), 2017.

B. Yosefa and E. Nurjanah, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKANMIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VIII,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2014, doi: 10.18269/jpmipa.v18i2.2.

N. Ratnaningsih, “THE ANALYSIS OF MATHEMATICAL CREATIVE THINKING SKILLS AND SELF-EFFICACY OG HIGH STUDENTS BUILT THROUGH IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING AND DISCOVERY LEARNING,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., 2017, doi: 10.26737/jpmi.v2i2.219.

L. Setiawati, “Penerapan Media Animasi Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Ciledug 2 Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat,” J. Penelit. Pendidik. UPI, vol. 16, no. 1, p. 124549, 2016.

B. R. A. Febrilia, I. C. Nissa, Pujilestari, and D. U. Setyawati, “Analisis Keterlibatan dan Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Clasroom di Masa Pandemi Covid-19,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., 2020.

R. Kustijono, “IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR,” J. Penelit. Fis. dan Apl., 2011, doi: 10.26740/jpfa.v1n2.p19-32.

M. M. Trianggono, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, 2017, doi: 10.25273/jpfk.v3i1.874.

E. Gregory, M. Hardiman, J. Yarmolinskaya, L. Rinne, and C. Limb, “Building creative thinking in the classroom: From research to practice,” Int. J. Educ. Res., 2013, doi: 10.1016/j.ijer.2013.06.003.

A. N. M. T. Lubis and W. Widada, “Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, 2020.

T. A. Nugroho and I. Anugraheni, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing di Tinjau Dari Cara Berfikir Kreatif Matematika Di Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.583.

I. K. Manik, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika,” J. Educ. Action Res., 2020, doi: 10.23887/jear.v4i2.24805.

C. Maesari, R. Marta, and Y. Yusnira, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.531.

N. K. J. Arthaningsih and K. S. Diputra, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Educ. Technol., 2019, doi: 10.23887/jet.v2i4.16424.

E. Kusumawati and R. A. Irwanto, “Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., 2016, doi: 10.20527/edumat.v4i1.2289.

W. Sanjaya, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books,” Kencana,Prenadamedia Group, 2015. .

M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.

N. L. G. Riwan Putri Bintari, I. N. Sudiana, and I. Bagus Putrayasa, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura,” e- J. Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, 2014.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

C. F. Karlina, I. K. Dharsana, and N. Kusmariyatni, “Pembelajaran Kooperatif Tipe (TSTS) Berbantuan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study,” Mimb. PGSD Undiksha, 2017.

Arzak and M. Ibrahim, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI PADA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR,” J. Penelit. Pendidik. Mat., 2017.

H. F. Sunbanu, M. Mawardi, and K. W. Wardani, “PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY DI SEKOLAH DASAR,” J. Basicedu, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i4.260.

N. Handayani, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA,” Int. J. Elem. Educ., 2018, doi: 10.23887/ijee.v2i1.13904.

J. Jusmawati, “EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, 2019, doi: 10.24252/auladuna.v6i2a7.2019.

Fatimah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.

N. Elpira and A. Ghufron, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD,” J. Inov. Teknol. Pendidik., 2015, doi: 10.21831/tp.v2i1.5207.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. 2016.

Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.

W. FITRIANINGRUM and U. ZUHDI, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 2018.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Nurlinda, N. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 DEWANTARA MELALUI IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 48–53. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/650