PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI MAN 3 BIREUEN

Authors

  • Nurul Haiyah Universitas Almuslim
  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim

Keywords:

Gelombang Bunyi, kemampuan berpikir kritis, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang pada kurangnya kemampuan berpikir kristis siswa pada pelajaran fisika khususnya pada materi sumber bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi sumber bunyi di kelas XI MAN 3 Bireuen. Subjek penelitian siswa kelas XI berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, obsevasi dan angket. Teknik analisis data digunakan analisis kemampuan berpikir kritis, analisis observasi, analisis respon. Hasil penelitian diperoleh (1) terdapat peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68% kriteria kurang meningkat menjadi 78% kriteria cukup pada siklus II. (2) Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi guru siklus I sebesar 74,71% dan meningkat menjadi 93,82% siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa siklus I sebesar 71,18% dan meningkat menjadi 89,71%. (3) Hasil respon siswa pada model pembelajaran Project Based Learning pada materi gelombang bunyi sudah sangat baik ini terlihat nilai rata-rata 52%pada kriteria “sangat setuju (SS)”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

H. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya, 2011.

N. Safarati and F. Zuhra, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 33–37, 2021, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/42433NandaSafaratidanFatmaZuhra.

M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., 2020.

V. Sampson, J. Grooms, and J. P. Walker, “Argument-Driven Inquiry as a way to help students learn how to participate in scientific argumentation and craft written arguments: An exploratory study,” Sci. Educ., vol. 95, no. 2, pp. 217–257, 2011, doi: 10.1002/sce.20421.

P. Eggen, Educational psychology: windows on classrooms. 2010.

R. E. Slavin, “Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know,” Contemp. Educ. Psychol., 1996, doi: 10.1006/ceps.1996.0004.

B. Y. A. Aziizu, “TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.

N. Safarati and R. Rahma, “Penerapan model advance organizer menggunakan Macromedia Flash untuk meningkatkan pemahanan konsep Siswa SMA Negeri 3 Bireuen,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, p. 76, Oct. 2019, doi: 10.12928/jrkpf.v6i2.14514.

W. Sanjaya, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books,” Kencana,Prenadamedia Group, 2015. .

Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu,” Konsep Strateg. dan Implementasinya dalam KTSP, 2014.

R. Rachmawati, “The Implementaton Quantum Teaching Method of Graduate Through Up-Grade Hard Skill and Soft Skill: (Case study on Management Accounting Class),” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2012.

W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. 2010.

D. Hariyanto, M. B. Triyono, and T. Köhler, “Usability evaluation of personalized adaptive e-learning system using USE questionnaire,” Knowl. Manag. E-Learning, 2020, doi: 10.34105/j.kmel.2020.12.005.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Haiyah, N. ., & Fatimah, F. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI MAN 3 BIREUEN. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 80–85. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/659