PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERMEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIII SMPN 4 BIREUEN

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati
  • Melisa Melisa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual  Bermedia Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireuen. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa kelas eksperimen (VIII/4) sebanyak 23 siswa dan siswa kelas kontrol (VIII/5) yang terdiri dari 24 siswa. Siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual bermedia power point, sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data normalitas di kelas eksperimen Lhitung 0.06 dan Ltabel 0.17, sedangkan di kelas kontrol Lhitung 0.06 dan Ltabel 0.17. Berarti data siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi Normal. Uji kesamaan dua varian Fhitung =1.27 dan Ftabel =2.03 maka diperoleh Fhitung< Ftabel hal ini menunjukkan antara kelas eksperimen dan kontrol mempunyai varian yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (9.38 > 2.02) maka Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual  Bermedia Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireuen.

 

Kata kunci            : Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual, Media Power Point, Sistem Ekskresi pada

Referensi

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta, Rineka Cipta.

Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Djamarah, S, B, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne. 2002. Macam-Macam Media Pembelajaran. Http: PDF.Jakarta

Mustikasari. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nurman. 2013. Cara Membuat Slide dengan MS Office Power Point 2007. htpp://nurmanspd.wordpress.com. Diakses pada 2 Mei 2015.

Purwanto, 2009.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ruswandi, U, dkk. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV.Insan Mandiri.

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Iplementasi PBK. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D. Bandung: ALPABETA.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Team FKIP. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Matangglumpangdua: FKIP Unimus.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progesif. Jakarta: Kencana, Pranada Media Group

Winataputra, U. S. Dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta : Universitas Terbuka

Winkel, W. S. 2006. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gransindo

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-07-15