PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t-hitung 5,58 dengan signifikasi 0,00 lebih rendah dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Â
Kata kunci           : Discovery Learning, Lingkungan Sekolah dan Keanekaragaman Hayati.
Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta : rineka Cipta.
Fauziah, 2004. Jurnal Serambi PTK . Melalui Permainan Gambar Dapat Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Materi Things Around Us Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Darul Kamal Tahun Pelajaran 2013-2014. Volume 1. 6-12.
Istarani, 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Mubarok, C., & Sulistyo. E. 2014. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya.Volume 03. 215 – 221.
Putrayasa, dkk. 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Volume 02. No, 01.
Ruswandi, U., & Badrudin. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syarif, M. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2015. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.Putrayasa, dkk, (2014).