BEDSIDE TEACHING: METODE PEMBELAJARAN KLINIK BAGI MAHASISWI KEBIDANAN
Abstrak
Bedside teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang telah lama diterapkan pada pendidikan kesehatan di samping metode-metode pembelajaran klinik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bedside teaching terhadap keterampilan menolong persalinan pada mahasiswi kebidanan. Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperiment. Peneliti membagi sampel dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen dilakukan metode bedside teaching dalam menolong persalinan, sedangkan pada kelompok kontrol tidak dilakukan. Kedua kelompok kemudian diobservasi keterampilannya dalam menolong persalinan dengan berpedoman pada 58 langkah Asuhan Persalinan Normal (APN). Apabila sampel melakukan sesuai dengan butir langkah yang terdapat pada APN diberi nilai 1 dan apabila tidak melakukan diberi nilai 0. Nilai hasil observasi sampel pada masing-masing kelompok kemudian dibandingkan dengan nilai mean dan selanjutnya diolah dengan menggunakan software SPSS 16 dengan  uji statistik Mann-Whitney. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi semester VI Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim yang berjumlah 85 orang. Teknik sampling menggunakan Random sampling dengan besar sampel untuk masing- masing kelompok 20 orang. Lokasi penelitian di Laboratorium Kebidanan Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim dan Klinik Bersalin Yayasan Ayah Bunda. Uji validitas instrument dilakukan di Akademi Kebidanan Munawarah Bireuen. Hasil pengolahan uji statistic didapatkan nilai p = 0,002 (p < 0,05). Hasil uji statistic ini menunjukkan ada pengaruh metode bedside teaching terhadap keterampilan menolong persalinan pada mahasiswi kebidanan.
Â
Kata kunci           : Bedside teaching,  Kebidanan, Keterampilan, Persalinan
Referensi
Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Bobak L. Jensen, dkk. (2005). Perawatan Maternitas. Jakarta : EGC
Budiarto, Eko. (2004). Metodologi Penelitian Kedokteran, Sebuah Pengantar. Jakarta : EGC.
Budiarto, E. (2003). Pengantar Biostatistik Kesehatan. Jakarta : EGC
Buku Panduan Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas [Online]. Tersedia : http://repository.unand.ac.id/3983/1/.pdf. [20 April 2015]
Depkes RI. (2008). Modul Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta : Departemen Kesehatan RI
Dewi Maritalia. (2012). Biologi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Diane M, Birnbaumer, Facep. (2007). Every Physician is a Teacher : Bedside Teaching in the Emergency Department. Washington, USA.
Mawarni. A. (2006). Biostatistik Lanjut. Semarang : Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Machfoedz, MS. (2009). Metodelogi Penelitian, Bidang Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran. Yogyakarta : Fitramaya
Mustika R. (2012). Bedside Teaching. Jakarta : Faculty of Medicine University of Indonesia.
Notoadmojo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam.(2008). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Oxford University Press. Teaching in the Clinical Setting in Being An Effective Clinical Teacher, Chapter 8 [Online]. Tersedia : http://fds.oup.com/www.oup.co.uk/pdf/0-19-851072-1.pdf [23 April 2015]
Prawirohardjo S. (2010). Ilmu Kebidanan. Jakarta. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Riyanto, Agus. (2010). Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rukiyah, Ai Yeyeh, dkk.(2009). Asuhan Kebidanan II (Persalinan). Jakarta : Trans Info Media.
Sastroasmoro, S, Ismael, S. (2011). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta : CV Sagung Seto.
Varney, Halen. (2007). Buku Ajar Asuhan Kebidanan, 3 rd. London : Jones and Barlett Publisher.