PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. IPS 1 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

Penulis

  • Anwar Anwar Guru SMA Negeri 2 Peusangan

Abstrak

Penelitian ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. IPS 1 pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMA Negeri 2 Peusangan†yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran Biologi dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. IPS 1 pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 2 Peusangan.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Peusangan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi Sistem pencernaan makanan selama 6 jam pelajaran dengan 3 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh siswa yang tidak  mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 9 orang (29,04%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 22 orang (70,96%), hasil observasi terdapat aktivitas peneliti pada tindakan siklus I mencapai skor 90% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83,75%. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh siswa  yang tidak  mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 4 orang (12,91%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 27 orang (87,09%), hasil observasi terhadap aktivitas peneliti pada tindakan siklus II memperoleh skor 94,2% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem pencernaan makanan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Peusangan.

 

Kata kunci            : Team games tournament, Hasil belajar

Referensi

Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah,dkk. 2006. Strategi Belejar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekocin. 2011. Model Pembelajaran Team Game Tournaments (TGT). (online), (http://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/,).

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet, dkk. 2007. Sains Biologi 2 SMA/MA. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam.

Wartono, 2003. Pengembangan Program Pengajaran Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Diterbitkan

2016-11-29