UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA.1 PADA MATERI REPRODUKSI SEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SMA NEGERI 1 PEUDADA

Penulis

  • Nurmalina Nurmalina Guru SMA Negeri 1 Peudada

Abstrak

Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan hasil belajar siswa pada materi Reproduksi sel melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA.1 pada Materi Reproduksi sel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 1 Peudada.†Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA.1 pada materi Reproduksi sel melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 1 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan  jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) hasil test, yang meliputi tes awal dan tes akhir, (2) hasil pengamatan (observasi), yang meliputi pengamatan (observasi) terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, (3) hasil wawancara dengan responden penelitian, (4) hasil catatan lapangan dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPA.1 SMA Negeri 1 Peudada yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, siswa yang memperoleh nilai ≥80 adalah sebanyak 15 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 62,5%, dan 9 orang siswa memperoleh nilai <80, sehingga diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai < 80 adalah 37,5%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat belum berlangsung dengan baik, diperoleh persentase rata-rata adalah 71,85%. Sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang memperoleh nilai ≥80 adalah sebanyak 21 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥80 adalah 87,5%, dan 3 orang siswa memperoleh nilai <80, sehingga diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai <80 adalah 12,5%, ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 82,68%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta hasil belajar siswa kelas XII IPA.1 pada materi Reproduksi sel di SMA Negeri 1 Peudada.

 

Kata kunci            : Hasil Belajar, Reproduksi Sel, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).

Referensi

Abuddin, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faidah, dkk. 2009. Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Program IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan, 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ibrahim. M, dkk. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University press.

Ismail, 2003. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Petama.

Muhibbin, 2003. Psikologi Pendidikan Dengan

Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Subana dkk, 2005. Statistik Pendidikan. Edisi ke II. Bandung : Pustaka Setiawan

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, 2003. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2016-11-29