PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA PADA KONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 4 BIREUEN

Penulis

  • Jumiati . Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
  • Cut Nurmaliah Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
  • Razali . Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan yang dibelajarkan dengan model problem based instruction (PBI) dan peningkatan hasil belajar siswa yang  dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan yang dibelajarkan dengan model PBI yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bireuen dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa   kelas X  semester ganjil  pada Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 kelas paralel. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak yang terdiri dari kelas eksperimen atau PBI dan kelas kontrol atau konvensional. Analisis data dilakukan dengan uji t dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (ƿ>0,05) antara siswa yang dibelajarakan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional,  (2) terdapat perbedaan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan (ƿ>0,05) antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, Dapat disimpulkan bahwa : (1)  hasil belajar siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan dengan model PBI lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan model PBI lebih tinggi dibandingkan dengan skor pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Kerja Ilmiah Siswa, Perusakan dan Pencemaran Lingkungan.

Referensi

Afcariono, M. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan inovatif, 3(2).

Akcay, B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6(1).

Akinoglu, O. and Tandogan, R.O. 2006. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1):71-81.

Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta:Rineka Cipta.

Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Aryulina, D. 2004. Biologi SMA Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kimball, W. 1983. Biology. Addison Wesley Publising Company.

Crowe, A., Dirks, C. and Wenderoth, M.P. 2008. Biology in Bloom: Implementing Bloom’s Taxonomy to Enhance Student Learning in Biology. CBE-Life Sciences Education, 2:368-381.

Campbell, R. M.2004. Biologi jilid 1 Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

_________ 2008. Biologi jilid 3 Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional.2004. Kurikulum 2004 : Kompetensi Standar Mata Pelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas Republik Indonesia.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga. Jakarta:PT Rineke Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Rineke Cipta.

Erlina. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Merbau. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Medan:Program Pascasarjana Unimed.

Fraser, B.J. 1981. TOSRA Test of Science Related Attitudes Handbook. Victoria:Australian Council for Educational Research.

Gagne, R.M (1985). The Conditions of Learning Theory of instruction (4th Edition). New York : Holt, Rinehart and Winston.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Grasindo.

Gunawan, M.A. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN NW Pancor Tahun Pembelajaran 2007/2008.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah . SuarabayaUnesa University Press.

Khairil, 2009. Potensi Model Perkuliahan Genetika di Jurusan Biologi FMIPA UM dalam Memberdayakan Kemampuan Metakognisi, Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Disertasi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Meltzer, 2002. The relationship between mathematics preparation and conceptual Learning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnostic pretest scores. Department of Physics and Astronomy, Iowa State University. J. Phys., Vol. (70)12: 1260.

Morgan, W.R. 1995. Critical Thinking: What Doses that Mean?. Journal of College Science Teacher. 24(5):336-340.

Santyasa, I.W. 2009. Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika bagi Siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual Berseting Investigasi Kelompok. Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Ganesha.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo persada.

Slameto 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudargo, F. 2010. Model pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi secara Konstruktivistik.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Bandung:Falah Production

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Surakarta:FKIP UNS.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Syamsuri, I. 2004. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Wang, H.A., Thompson, P., Shuler, C., & Harvey, L. 1999. Problem-Based Learning Approach for Science Teachers’ Professional Development. Texas:Association for Ducators of Teachers in Science Annual Meeting at Austin.

Ward, J.D. and Lee, C.L. 2002. A Review of Problem-Based Learning. Journal of Family and Consumer Sciences Education, 20(1):16-26.

White, H. 2001. Problem-Based Learning:Speaking of Teaching. Stanford University Newsletter on Teaching. 11(1).

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta:PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-11