PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN

Penulis

  • Rahmawati . Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim, Bireuen

Abstrak

Pembelajaran biologi pada beberapa mata kuliah salah satunya zoologi invertebrata selama ini sering menggunakan pembelajaran tradisional dengan metode ceramah yang berpusat pada dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrata yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional. Penelitian dilakukan di Universitas Almuslim Bireuen. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III  yang mengambil matakuliah zoologi invertebrata pada Tahun Ajaran 2010/201, berjumlah 5 kelas paralel. Sampel pada penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling  terdiri dari kelas eksperimen A (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan kelas kontrol C (Pembelajaran Tradisional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar biologi mahasiswa (thitung = 6,78, P = 0,00). Hasil belajar biologi mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (0,45 ± 0,28) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (0,26 ± 0,01).

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, biologi.

Referensi

Akinoglu, O. & Tandogan, R.O. 2006. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1):71-81.

Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta:Rineka Cipta.

Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Belajar

untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Rineke Cipta.

Erlina. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Merbau. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Medan:Program Pascasarjana Unimed.

Gunawan, M.A. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN NW Pancor Tahun Pembelajaran 2007/2008.

Kennedy, L.M. & Tipps, S. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematics. 7th ed. California: Wadswort.

Piliang, R.A. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Hangtuah 2 Medan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Bandung:Falah Production.

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Surakarta:FKIP UNS.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta:PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-11