EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, MOTIVASI DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Tutiliana . Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
  • Mustafa Sabri Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
  • Khairil . Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala

Abstrak

Judul penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran STAD dengan konvensional terhadap hasil belajar, motivasi dan sikap ilmiah siswa pada konsep sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa dalam materi sistem reproduksi manusia yang dibelajarkan dengan pembelajaran STAD dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen, berjumlah 60 siswa yang berasal dari 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara random sampling  terdiri dari kelas eksperimen (dengan pembelajaran STAD) dan kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, angket motivasi, dan angket skala sikap ilmiah siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung  hasil belajar = 0,269, thitung  motivasi = 3,268, dan thitung  sikap ilmiah = 0,479. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel  = 2,00. Karena harga thitung >  ttabel maka Ha diterima dan harga thitung <  ttabel maka Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran STAD tidak selalu memberikan nilai yang lebih tinggi terhadap hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Sebagai upaya untuk mengetahui hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa secara optimal, maka diharapkan khususnya bagi guru biologi untuk dapat menerapkan pembelajaran STAD yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Motivasi, Sikap Ilmiah, Sistem Reproduksi Manusia

Referensi

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT Rineke Cipta.

Kennedy, L.M. & Tipps, S. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematics. 7th ed. California : Wadswort.

Mudjiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo persada.

Piliang, R.A. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Hangtuah 2 Medan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Pujianti, I. 2008. Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1 (September 2008).

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning, second edition. Massachusets : Allyn & Bacon.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, second edition. Massachusets : Allyn & Bacon.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Ujang. 2003. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-11