PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN

Penulis

  • Faizah M Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sumber belajar di Sekolah Dasar Kabupaten Bireuen, terutama pada mata pelajaran IPA di kelas V. Aspek yang diamati adalah variasi pemanfaatan sumber belajar, frekuensi pemanfaatan sumber belajar, dan ketepatan pemanfaatan sumber belajar.  Penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik observasi ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kabupaten Bireuen, sejumlah 10 guru yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap guru IPA yang mengajar di kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan tiap aspek dari bagaimana pemanfaatan sumber belajar yaitu: variasi sumber belajar yang dimanfaatkan masih kurang variatif, frekuensi pemanfaatan sumber belajar tergolong sangat sering selama pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan, ketepatan pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar rata-rata sudah baik. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah hendaknya di setiap sekolah, pemanfaatan sumber belajar lebih ditingkatkan lagi menjadi lebih bervariasi. Sehingga proses belajar mengajar dapat menjadi lebih bermakna bagi siswa.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Sumber Belajar Kota Bireuen, Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional.(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bhakti.

Kusmajid. (2008). Kontribusi Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Pemahaman Konsep Sains SD. Tesis Pendidikan Dasar Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan.

Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta Rosdakarya.

Sa`ud, U.S. (2007). Penelitian Pendidikan Dasar. Modul pada Program Pascasarjana pendidikan Dasar UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2002). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2007). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1989). Kamus Besar Bahasa

Widodo, A. (2008). Panduan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-11