ANALISIS KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK UNTUK MEMBANGUN LITERASI BIOLOGI SISWA MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM

Penulis

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Pembelajaran biologi harus mengutamakan proses pembelajaran sains, hasil temuan informasi dari mahasiswa PLL bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran sains masih sangat perlu di perhatikan oleh guru, salah satu untuk mengukur kemampuan sains siswa terlebih dahulu guru harus mengasah kemmapuan psikomotorik, namun kenyataannya kemampuan psikomotorik siswa masih tergolong sangat rendah, salah satunya siswa masih kurang mampu mengimplementasikan kreativitas dalam menemukan hasil pengamatan di laboratorium, sehingga kemampuan beliterasi biologi dari hasil penemuannya juga belum bisa dikatorikam mampu. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah memampukan siswa dalam pengembangan psikomotorik dan kemampuan berliterasi biologi, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptive reasearch reacedengan jenis penelitian study kasus, penelitian dilakukan pada siswa SMPN I Peusangan dengan jumlah sampel 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes melalui pengisian LKS. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal yang dikembangkan dalam LKS, data dianalisis secara deskriptif kualitatif.

 

Kata kunci            : Psikomotorik, Literasi Biologi, Laboratorium.

Referensi

Bybee, R, W. 2009. PISA’S 2006 Measurement of Scientific Literacy: An Insiders’s Perspective for the U.S. A Presentation for the NCES PISA Research Conference.

OECD. 2013. Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http: // www.oecd.org/pisa), diakses 01 Juni 2017. Pisa. 2015. Draft Science Frameword.

Rustaman, N,Y. (2007). Pendidikan Biologi Dan Trend Penelitiannya. Makalah kunci dalam seminar Nasional Pendidikan Biologi. diselenggarakan di FPMIPA UPI di Bandung

Nuryani, R & Andrean, R. (2010). Kemampuan Kerja ilmiah Dalam Sains. Makalah

untuk dibahas dalam Seminar Pendidikan Biologi, di FKIP Universitas Pasundan Bandung.

Sukmadinata, S, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumantono, S. (2014). Apakah Sains Itu?. Avalable http://deceng.wordprees.com/2007/11/07/apakah- Sains- Itu?/. diakses 10 Mei 2017

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-05-01