PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) YANG DIPADU METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BIREUEN
Abstrak
metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA Bireuen pada konsep pencemaran lingkungan pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016.Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan penelitian ini dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-postest control groupdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen yang terdiri dari sembilankelas dengan jumlah siswa 400 orang siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA A dengan jumlah siswa 29 dan kelas X IPA B dengan jumlah siswa 31. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soalpretest dan soal posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 20. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen menunjukkan nilai p> 0,05 (0.20>0,05), sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai p> 0,05 (0,09>0.05). Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai p> 0,05 (0,13>0.05). Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai standar deviasi yang homogen. Hasil penelitian untuk uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p< 0,05 (0.001 < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dipadu metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dipadu metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen.
Â
Kata Kunci          : Hasil belajar, Project Based Learning (PjBL), Gallery Walk,
               Pencemaran Lingkungan.
Referensi
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta:
Bumi Aksara
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka
Cipta, Jakarta.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Campbell, dkk,. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta: Erlangga
Djamar, S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani . 2014. 58 Model Pembelajaran Koopertif. Medan: Media Persada.
Istarani & Intan, P. 2015. Ensiklopedia Pendidikan, Jilid 1. Medan: Media Persada.
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group.
Jagantara, I Putu & Ni L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA 4(1). (Online),https://www.google.co.id, diakses tanggal 30 Oktober 2015).
Kurniadi, D. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 1 Bawang Banjarnegara Kelas XI IPA I Dengan
Pendekatan PBL(Project-Based Learning) Berbasis Bahan Sekitar. Skripsi, Semarang:Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.(Online), http://lib.unnes.ac.id, diakses tanggal 2 November 2015.
Laurence, D. 2009. Pencemaran Udara, Kebisingan, dan Getaran, (Online)(http://industry.gov.au/resource/Programs/LPSD/Documents/AirborneContaminantsIndonesian.pdf), diaksespada 21 Juni 2015.
Mulyani, L. 2014.Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Biji. Prosiding Mathematics and Sciences Forum..(Online), https://www.google.co.id, diakses tanggal 3 November 2015.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurrahman, L. 2015. Perbedaan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Pembelajaran Berbasis Proyek (Proyek Basel Learning) pada Materi Fungi. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidika Biologi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (Online), http://repository.uinjkt.ac.id.pdf, diakses tanggal 2 November 2015
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rachmatin, D. 2010. Modul Pelatihan SPSS. (Online), (http://file.upi.edu), diakses pada 12 Maret 2016.
Rais. 2010. Project-Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas NegeriSurabaya. Skripsi. (Online), http://digilib.unm.ac.id/files/.pdf. diakses tanggal 3 November 2015.
Sari,M & Jelly,A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attaiment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Konsep Pernapasan. Bio Lentara, 01(02). (Online), http://journal.unnes.ac.id/ , diakses tanggal, 30 September 2015.
Silberman, M. 2007. Active Learning: 101 Metode Pembelajaran
Aktif. Dialih bahasakan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Susilowati, Retno & Sri S. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Unnes Journal Of Biology Education(2) 1. (Online), http://journal.unnes.ac.id ,diaksestanggal, 30 September 2015.
Soemarwoto, O. 1999. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Djambat: Bandung.
Sujarweni, W. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta :Pustaka Baru Press.