TUMBUHAN OBAT YANG TERDAPAT DI DESA KUTA TENGAH KECAMATAN LAWE SIGALA-GALA, ACEH TENGGARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Penulis

  • Afkar Afkar Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser Aceh
  • Nadia Aldyza Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser Aceh

Abstrak

Tujuan penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui jenis tumbuhan obat dan 2) untuk mengetahui manfaat tumbuhan obat yang terdapat di Desa Kuta Tengah Kecamatan Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian di laksanakan di Desa Kuta Tinggi Kecamatan Lawe Sigala-gala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik pengumpulan data, menggunakan metode eksploratif atau metode jelajah. Sampel penelitian dari Masyarakat setempat, tokoh masyarakat serta dukun desa. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh jenis tumbuhan berkhasiat obat yang digunakan oleh masyarakat. Dari hasil penelitian diperoleh sebanyak 11 jenis tumbuhan obat dari 11 Famili yang terdapat di lokasi penelitian. Hasil penelitian mengenai tumbuhan obat akan dijadikan dalam bentuk buku saku sebagai pemanfaatan Media Pembelajaran. Manfaat tumbuhan obat yang digunakan oleh masyarakat sebagai obat Haid, mata, Penyakit kulit, Hepatitis, batuk dan diabetes untuk mengobati penyakit yang diderita oleh masyarakat Desa Kuta Tengah Kecamatan Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara.

 

Kata kunci: Jenis Tumbuhan Obat, Penggunaan Tumbuhan Obat, Aceh Tenggara.

Referensi

Afkar, 2010. Jenis – Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat Yang Dominan Digunakan Oleh Masyarakat Kemukiman Simpang Tanjong Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen. FKIP Biologi Unsyiah. Banda Aceh.

Djufri, Hasanuddin, Afkar, 2016. Tumbuhan Berkhasiat Obat di Kemukiman Simpang Tanjong Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Jurnal EduBio Tropika. 4(1) 2016.

Azwar, Agoes. 2010. Tanaman Obat Indonesia. Penerbit : Salemba Medika. Jakarta.

BPS Aceh Tenggara, 2017. https://acehtenggarakab.bps.go.id/. Diakses 20 Februari 2017.

Elyas. 2015. Manfaat dan Khasiat Daun Cocor Bebek untuk Obat Herbal Tradisional.http://anekaobatherbalalam.blogspot.com/2015/02/manfaat-dan khasiat-daun-cocor-bebek.html. diakses 16 Maret 2017.

Fathoni, A. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, A. A. A., 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Harjana, Dadan. 2013. Kandungan dan Manfaat Jambu Biji. http://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/07/kandungan-dan-manfaat-buah-jambu-biji.html. diakses 16 Maret 2017 Pukul 15.13 WIB.

Martin, G.J., 2004. Ethnobotany: A ‘People and Plant’ Conservation Manual. Chapman and Hall, London.

Maryani, Herti, Dra. 2003. Tanaman Obat untuk Mengatasi Penyakit pada Usia Lanjut. Surabaya: Agromedia Pustaka.

Siswoyo, Pujo. 2007. Tumbuhan Berkhasiat Obat. Penerbit : Absolut. Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-11-01