UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SD NEGERI 1 PEUSANGAN
Abstrak
Pembelajaran monoton, aktivitas guru kurang teratur dalam penyampai materi sehingga keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan masih rendah, banyak siswa kurang mengeluarkan pendapat dan gagasan, siswa juga tidak mampu mengeluarkan ide yang ideal dalam sebuah proses pembelajaran, proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih belum variati. Tujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa, aktivitas guru dan siswa dan respon siswa model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri1Peusangan pada materi perubahan wujud zat. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpalan data melalui tes soal, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis berpikir kreatif siswa, observasi dan respon siswa.Hasil indikator berpikir lancar pada siklus I 71,15% menjadi 85% siklus II. Indikator berpikir luwes pada siklus I sebesar 73,35% menjadi 74,35% siklus II. Sedangkan indikator berpikir terperinci pada siklus I 56,41% menjadi 77,46 siklus II. Menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi perubahan wujud zat sangat baik dalam menunjang pembelajaran dikelas. Hasil analisis respon siswa pada grafik di atas diperoleh keterangan bahasa bahwa secara umum siswa menyukai belajar IPA dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Â
Kata kunci: Berpikir kreatif, Problem Based Learning, perubahan wujud zat
Â
Referensi
Abbas, Nurhayati. (2000).Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Maasalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajran Matematika Di SMU.http://www.depdiknas.go.id/jurna
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Drasastro, 2004, Fisika Bangunan I. Penerbit Andi. Yogyakarta
Hamalik, O. 2003.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, (2007).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution.2009.Metode Research.Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, dkk.2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:Universitas Negeri Malang
Nurhikmah. 2012. Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SekolahDasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal. Semarang: Universitas NegeriSemarang
Rusman, 2010.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta
Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, A. 2010.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Subana dkk.2005. Statistik PendidikanEdisi ke II. Bandung: Pustaka Setiawan
Purwanto, N, 1992. Psikologi Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono 2010.Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman dkk, 2008.Peneletian Tindakan Kelas, Banda Aceh : Darussalam