PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Pembelajaran konvensional yang hanya dibatasi pertemuan tatap muka di ruang kuliah tidak akan mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa. Penyelenggaran pembelajaran blended dimaksudkan untuk meningkatkan akses belajar mahasiswa terhadap pengembangan mata kuliah, serta mampu menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, meningkatkan akses, relevansi dan mutu pendidikan tinggi sehingga akan menghasilkan tenaga professional dan terampil dibidangnya. Melalui pembelajaran blended mahasiswa dapat belajar dan mengakses informasi perkuliahan kapanpun dan dimanapun secara mandiri.  blended merupakan program baru yang diterapkan oleh Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim. Pembelajaran ini mulai diterapkan pada semester ganjil Tahun Akademik 2017/2018 pada mata kuliah fisiologi tumbuhan melalui hibah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Kemenristekdikti. Dengan adanya pembelajaran daring mendorong mahasiswa untuk mengikuti aktivitas tatap muka (sinkron langsung) dan aktivitas online (asinkron mandiri dan kolaboratif) sehingga dapat meningkatkan interaksi dosen dan mahasiswa. Adanya materi ajar, modul praktikum, video animasi tentang topik-topik fisologi tumbuhan memudahkan mahasiswa memahami materi yang disampaikan oleh dosen sehingga meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang dapat di lihat melalui perolehan nilai quis dan ujian tengah semester.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Blended, Fisiologi Tumbuhan

Referensi

Chaeruman, UA. 2017. PEDATI. Model Sistem Pembelajaran Blended. Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia. Direktorat Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Karwati, E. 2014. Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 17. No.1.

Rahmawati, Hambali dan Muthmainnah. 2017. Desain Media Animasi Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. JESBIO. Vol. VI. No. 1.

Rambarizki, R. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegaiatn Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA.

Suharyanto dan Mailangkay, A.B.L. 2016. Penerapan E-Learning sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya. Vol. 3. No. 4.

Sukmadinata, N.S. 2009. Kurikulum dan Pengembangan Kompetensi. Bandung: Yayasan Kusuma Karya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-11-01