PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTsS AL-WASHLIYAH LHOKSEUMAWE

Penulis

  • Nellyati Pulungan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajaran kontekstual. (2) Kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawe dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa   kelas VII  semester genap  pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 2 kelas paralel yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Sampel ditentukan secara acak yang terdiri dari kelas eksperimen atau kontekstual dan kelas kontrol atau konvensional. Pengambilan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengambilan data hasil penguasaan konsep dengan pretes dan postes, dan tahap kedua pengambilan data kecakapan hidup melalui observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan dengan uji t dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil uji t untuk penguasaan konsep diperoleh t hitung  2,72 dan t tabel 1,99. Kecakapan personal diperoleh t hitung 10,04 dan t tabel 1,99. Kecakapan sosial diperoleh t hitung 10,45 dant tabel 1,99. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  (1) penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajarankontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (2) kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan penerapan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (3)kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan penerapan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, Penguasaan Konsep, Kecakapan Hidup Siswa, Ekosistem.

Referensi

Dirjen Dikdasmen Depdiknas RI. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depag. 2005. Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (life Skill) dalam Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.

Elianur, R. 2011. Indenesia Peringkat Sepuluh Besar Terbawah dari 65 Negara Peserta PISA.Tersedia pada http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/30/indonesia-peringkat-10-besar-terbawah-dari-65-negara-peserta-pisa/. Diakses pada tanggal 24 Januari 2013.

Hsien, S. H., C. C. Lin., R. T. Feng., and K. J. Li. 2010. Location Based Services for Outdoor Ecological Learning System: Design and Implementation. Educational Technology and Society, 13 (4):98–111.

Irwandi. 2009. Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Inkuiri dan Masyarakat Belajar pada Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda terhadap Hasil Belajar Kognitif di SMA Negeri Kota Bengkulu. Kependidikan Triadik, 12(1):33-43

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Komalasari, K. 2012. The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students’ Civic Skills. Educare, 4(2):179-190

Nurhadi., B. Yasin., dan A. G. Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Qisthy, F.M. A., FX. Sukardi., dan T. Tarmudji. 2012. Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya harga Pasar terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP 5 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Economic Education Analysis Journal, 1(2):1-6

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wasis. (2006). Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP. Cakrawala Pendidikan. Th. XXV(1):1-16

Wulandari, P. R. (2011). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar dan Penguasaan Konsep Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Tersedia: http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2011/05/18.pdf. Diakses 30 Maret 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-12