PENERAPAN PEMBELAJARAN DIAGRAM ROUNDHOUSE DISERTAI MODUL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI I MUARA BATU

Penulis

  • Ida Safitri Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Elisa Putri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa SMPN 1 Muara Batu pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Muara Batu dengan dua kelas sampel yaitu kelas VII.1 untuk kelas eksperimen berjumlah dan kelas VII.2 untuk kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui sikap peduli lingkungan yaitu mengkonversikan skala jawaban siswa dalam angket ke data kuantitatif. Selanjutnya dianalisis regresi korelasi dan  diuji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap sikap peduli lingkungan thitung>ttabel (2,204>2,086) pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya terdapat korelasi positif antara antara hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan yaitu dengan rhitung lebih besar dari rtabel (0,422>0,423).Uji korelasi ini dapat asumsi kemampuan kognitif yang tinggi diharapkan mahasiswa semakin peduli terhadap lingkungan sehingga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran diagram roundhouse disertai modul berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 1 Muara Batu pada materi pencemaran lingkungan.

 

Kata Kunci : Diagram Roundhouse, Modul, Sikap Peduli Lingkungan

Referensi

Adisendjaja, Y.H. 2008. Metodologi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UPI.

Demircioglu, H. 2005. Conceptual Change Achived Through A New Teaching Program on Acisd and Bases. Chemistry Education Research and Practice. 6(1): 36-51.

Özdilek, dan Ozkan, M. 2009. The Effect of Applying Elements of Instructional Design On Teaching Material For The Subject of Classification of Matter, “The Turkish Online Journal of Educational Technology†8(1), 84-96.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ward, R. and Donna Dugger. 2012. Middle School Students with Exceptional Learnin Needs Investigate the Use of Visuals forLearning Science. JournalTeaching & Learning.7(1): 1-20.

Ward,R. and Wandersee, J. 2002. Struggling to Understand Abstract Science Topics: A Roundhouse Diagram-Based Study. Internatinal Journal of Science Education.24 (6).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-01