PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN HEWAN

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Ayu Rizka

Abstrak

Penelitian tentang Penerapan Model Pembelajaran  Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Video  terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaringan Hewan telah dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran  examples non examples dengan menggunakan media video  terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penentuan sampel menggunakan tehnik purposive sampling, dimana kelas XI MIA-2  dengan jumlah siswa 19 orang sebagai kelas eksperimen  dan kelas XI MIA-1  dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan zhitung < ztabel (0,000 < 0,05)  berarti hipotesis H1  yang diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran  examples non examples dengan menggunakan media video  terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan.

 

Kata kunci: Model, Examples Non Examples, Media, Video, Hasil Belajar

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Gravindo Persada.

Hidayat, A. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Heath Books.

Huda, M. 2014. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mirnawati, Pramudiyanti dan Berti, Y. 2013. Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. (1) No. (3).

Rahmawati dan Dewi, E.A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bireuen. Jurnal Lentera. Vol. (14). No. (9).

Rahmawati, Hambali, dan Muthmainnah. 2017. Desain Media Animasi Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi (JESBIO). Vol. (6) No. (1).

Rosalina, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Vol. (2) No. (3).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-01