PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 1 DEWANTARA

Penulis

  • Ratna Unaida Prodi Pendidikan Kimia Universitas Malikussaleh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara.Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa kelas kontrol (VIII/1) sebanyak 24 siswa dan siswa kelas eksperimen (VIII/2) yang terdiri dari 24 siswa. Siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konstektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data normalitas di kelas eksperimen Lhitung 0.291 dan Ltabel 0.173. Sedangkan di kelas kontrol Lhitung 0.331 dan Ltabel 0.173.Sehingga data siswa dari kelas eksperimen dan kelas konvensional kedua kelas tersebut  berdistribusi  normal. Uji kesamaan dua varian Fhitung =2.62 dan Ftabel =2.00, maka diperoleh Fhitung > Ftabel hal ini menunjukkan antara kelas eksperimen dan konvensional mempunyai varian yang tidak homogen. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan uji t diperoleh thitung> ttabel (2.79 > 2.021) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara.

 

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Sistem Gerak Manusia

Referensi

Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafino Persada.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Campbell. Reece . Mitchell. 2003. Biologi Edisi kelima jilid 3. Jakarta. Erlangga.

Elaine, B. Johnson. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Georgeo, (2006). Biologi Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Hambalik, O. 2006. Metode Mengajar Dan Kesulitan Belajar. Bandung: Erlangga.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A . 2009. Cooperative Learning, Teori dan Paikem. Jakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. 2005. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algen.

Sudjana,2005. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D.Bandung:Alpabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanlitatif,Kualitatifdan R&D. Bandung: Alpabeta.

Syamsuri, Istamar, dkk. (2004). IPA Biologi untuk SMP Kelas VIII Jilid 1. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zubaidah, S. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-01