ANALISIS KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DALAM MENGGUNAKAN MIKROSKOP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Penulis

  • Abdullah .
  • Ridha Marvira

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Keterampilan Psikomotorik Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui keterampilan psikomotorik menggunakan mikroskop pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 154 siswa, kemudian diambil 20% dari 154 siswa yang dipilih secara acak dengan metode sampling sistematis, sehingga diperoleh sampel 31 siswa. Data diperoleh dengan 2 cara, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dengan cara observasi oleh peneliti yang menggunakan lembar observasi. Data sekunder meliputi data tentang jumlah siswa kelas VII diperoleh dari arsip SMP Negeri 8 Banda Aceh. Analisa data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yaitu untuk mendapatkan gambaran penyebaran hasil penelitian masing-masing variabel secara kategorikal menggunakan program komputer yang meliputi distribusi frekuensi dari keterampilan psikomotorik menggunakan mikroskop pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Dari 31 siswa yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 9 orang siswa (29%) masuk dalam kategori kurang terampil, dan 22 orang siswa (71%) masuk dalam kategori terampil pada menggunakan mikroskop.

 

Kata kunci : Analisis, Keterampilan psikomotorik

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bungin, M. B. 2008. Metodelogi Penelitian Kuantita-tif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cahyono. 2007. Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan. (http://cahyono publikasi. blogspo.com/2007/11/tinjauan-pelaksanaan-kegiatan.html diakses 15-2-2013).

Hasruddin dan Rezeqi, Salwa. 2012. Analisis pelaksanaan praktikum biologi dan permasalahannyadi SMA Negeri se kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 9 No. 1, Juni 2012. (http://digilib.unimed.ac.id/ public/UNIMEDArticle 23922 Hasruddin.pdf (diakses 18-3-2013).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-13