PEMBELAJARAN BIOLOGI INQUIRI BERBANTU MEDIA PRAKTIK SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA

Penulis

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Tutiliana Tutiliana
  • Hayatul Husna

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pangaruh pembelajaran biologi Inquiri berbantu alat peraga praktik sederhana terhadap hasil belajar pada materi Sistem Pernafasan Manusia Peredaran Darah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pembelajaran biologi berbantu alat peraga praktik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Bireuen. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas tersebut merupakan siswa yang memiliki kemampuan yang sama atau tidak berbeda nyata, 30 orang siswa untuk kelas eksperimen (XI IPA.1) dan 30 orang siswa untuk kelas kontrol (XI IPA 2) yang telah dipilih secara Claster Random Sampling. Data penelitian terdiri dari data kemampuan awal (Pretest) dan data kemampuan akhir (Postest) untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian Hipotesis menggunakan Uji Independent Sampel T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. pengujian dua arah yaitu diperoleh bahwa nilai thitung (6,793) sedangkan  nilai ttabel (α = 0,05) yaitu (1,645), jadi dapat disimpulkan bahwa thit. ≥ttabel pada (α = 0,05), maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi inquiry berbantu alat peraga praktik sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia  kelas XI di SMA Negeri 1 Bireuen.

 

Kata kunci: Inquiri , Alat Peraga Praktik, Hasil Belajar.

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Amir, T.M. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pemelajar di era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Devi, Kusuma, Cahya, Selvia (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pengetahuan Sistem Pernapasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta. Naskah Publikasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

(online),http://eprints.uny.ac.id/28611/1/Selvia%20Cahya%20Kusuma%20Devi.pdf, diakses tanggal 16 agustus 2017.

Indramayu, Al-amin, Stit (2012) Teori Perkembangan Kognitif Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Edukasi. Volume 7 No 2. Diakses tanggal 20 april 2017.

Indramayu, Al-amin, Stit (2012) Teori Perkembangan Kognitif Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Edukasi. Volume 7 No 2. Diakses tanggal 20 april 2017.

Meltzer, D,E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain In Physics: A Possible “Hidden Variable†In Diagnostic Pretest Score. American Jurnal of Physics vol 70.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-01