PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DIPADU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 NISAM

Penulis

  • Fakhrah Fakhrah
  • Ratna Unaida

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think-pair-share (TPS) dipadu media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nisam yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2. Analisis data menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh thitung  = 19,9 dan ttabel  = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa  thitung >ttabel, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Sharedipadu media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam.

 

Kata kunci ; model pembelajaran Think-Pair-Share, media gambar, hasil belajar.

Referensi

Arief, S, Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Reneka Cipta

Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pres

Helmi, H. 2003. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Padang : UNP

Iriyanto, K. 2008. Struktur dan Fungsi Tubuh Manusia untuk Para Medis. Bandung : Yrama Widya

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Suprijono, A. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Suryabrata. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana Media Group

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-01