PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADU STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI METABOLISME DALAM MATA KULIAH BIOLOGI UMUM DI FKIP UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Penulis

  • Ratna Unaida
  • Fakhrah Fakhrah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dipadu strategi tutor sebaya pada materi metabolisme pada mata kuliah biologi umum di FKIP Universitas Malikussaleh.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap a) perencanaan tindakan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi dan d) refleksi. Sumber data adalah mahasiswa pendidikan kimia semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 mahasiswa.Berdasarkan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa siswa yang mendapatkan skor≥ 75 hanya mencapai 53% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti mencapai 83%, sedangkan untuk hasil observasi terhadap kegiatan mahasiswa hanya mencapai 78.5%. Berdasarkan data tersebut maka penelitian ini belum berhasil, untuk itu dilakukan penelitian berikutnya yaitu siklus IIdan diperoleh data hasil tes mahasiswa pada siklus  II diperoleh nilai ≥ 75 mencapai 80% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti mencapai 84.5%, sedangkan untuk hasil observasi terhadap kegiatan mahasiswa mencapai 86%. Dengan demikian, ada peningkatan pada setiap pelaksanaan tindakan  dalam pembelajaran. Pada Siklus I 53% dan Siklus II  80% mengalami peningkatan 27%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dipadu strategi tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi metabolisme di FKIP Universitas Malikussaleh.

 

Kata kunci            : Inkuiri, Tutor sebaya, Hasil belajar.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono, Setiadi. 2011. Anatomi Tubuh Manusia. Bekasi: Laskar Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Hafizah, Evie. 2013. Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Sekolah Dasar Kota Pontianak, (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/1047/pdf), diakses 7 Desember 2015.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Maryani. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Ak 1 Smk Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010, (Online), (http://core.ac.uk/download/pdf/12351790.pdf), diakses 7 Desember 2015.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pearce, Evelyn C.2009. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Seasjah.2010. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X1 MA Nurol Islam Kec.Gunung Toar Kab.Kuantan Singingi, (Online), (http://digilib.uir.ac.id/dmdocuments/mtk,seasjah.pdf), diakses 7 Desember 2015.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaifuddin.2011. Anatomi Fisiologi Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk Keperawatan dan Kebianan. Jakarta: EGC.

Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusman, Ade. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak, (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2487/1/98343-ADE%20YUSMAN-FITK.pdf), diakses 7 Desember 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-01