MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DIPADU MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ALMUSLIM

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran examples non examples dipadu model numbered head together (NHT) di prodi pendidikan biologi Universitas Almuslim. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dimana pada masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada tiap pertemuan meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data peningkatan hasil belajar mahasiswa dari masing-masing siklus. Sumber data dalam penelitian adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim yang berjumlah 11 orang. Data kualitatif hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I tampak bahwa dari 11 orang mahasiswa, 7 orang (63,64%) tuntas dalam pembelajaran oleh karena ketuntasan klasikalnya < 85 % maka harus dilanjutkan ke siklus II. Pada Siklus II tampak bahwa dari 90,91% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran sehingga tidak perlu melanjutkan siklus III karena hasil belajar siswa sudah tuntas secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran examples non examples dipadu model numbered head together (NHT) di prodi pendidikan biologi Universitas Almuslim.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Fisiologi Tumbuhan,Model Pembelajaran,  Examples Non Examples, NHT.

Referensi

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Purwanto, N. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmawati. 2017. Penerapan Pembelajaran Blended pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan . JESBIO. Vol. 6. No. 2.

Rahmawati & Ariska, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaringan Hewan. JESBIO. Vol. 7. No. 2.

Siregar, A.F. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1. No. 1.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-01