PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI SISTEM GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NISAM

Penulis

  • Ratna Unaida Prodi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh
  • Fakhrah Prodi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh

Abstrak

Penelitian tentang “Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif  Siswa pada Sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan di Kelas X SMA Negeri 1 Nisam” dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2019-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan Model Inquiri berbasis Media Video pada sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Cluster Random Sampling dan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 80 siswa  dan sampel adalah kelas X MIA3 (kelas eksperimen) dengan jumlah 26 siswa dan kelas X MIA1 ( kelas kontrol) dengan jumlah 25 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t dan hasil penelitian diperoleh thitung 3,34  dan ttabel 2,00 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung  > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan  model pembelajaran inquiri berbasis media video pada sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan kelas X SMA Negeri 1 Nisam.

 

Kata kunci : Model Inquiri, Media Video, Kognitif, Sistem Gerak pada Tumbuhan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-01