PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SYAMTALIRA ARON PADA MATERI RANGKA PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

Penulis

  • Yusmanidar Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karena siswa kurang memahami setiap penjelasan materi dari guru, siswa tidak mampu menentukan setiap pemecahan masalah yang diberikan guru, siswa terlalu susah dipahami dan tidak mengajukan pertanyaan apabila mengalami kesulitan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan pemahaman siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas V SD Negeri 4 Syamtalira Aron pada materi Rangka pada Manusia dengan model Pembelajaran Team Assisted Individualization. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Syamtalira Aron berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 57,14% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. guru siklus I sebesar 73,13% dan meningkat menjadi 91,88% siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa siklus I sebesar 72,51% dan meningkat menjadi 90,32%.  Selain itu setelah semua kegiatan pembelajaran dilakukan, penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pokok bahasan rangka pada manusia ternyata mendapat respon positif dari siswa.

 

Kata Kunci:          Hasil Belajar, Model Team Assisted Individualization, Rangka pada Manusia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-01