PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 2 MUARA BATU

Penulis

  • TM Alkhalidi Saputra Prodi PGSD Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa serta rendahnya respon siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi makhluk hidup dan lingkungannya di kelas V SD Negeri 2 Muara Batu. Penelitian menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Batu melalui model penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Batu yang berjumlah 20 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket respon dan tes pilihan ganda yang diberikan pada akhir setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Batu pada materi makhluk dan lingkungannya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu 50% pada siklus I dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II yaitu 90%; 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas V SD Negeri 5 Muara Batu pada materi organ pencernaan manusia. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus pada siklus I aktivitas guru sebesar 86,5% dan aktivitas siswa 88,5%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II sebesar 94% dan aktivitas siswa sebesar 93,5%.; dan 3) Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi makhluk hidup dan lingkungannya di kelas V SD Negeri 2 Muara Batu menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal ini terlihat respon senang adalah 87% dan respon tidak senang sebesar 13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makhluk hidup dan lingkungannya di kelas V SD Negeri 2 Muara Batu.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Jigsaw, Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-01