PENGEMBANGAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 2 PEUSANGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pengembangan karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas X IPA1 dan X IPA2, X IPA3, X IPA4 dan X IPA5 dengan jumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas yaitu X IPA1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut memiliki nilai yang hampir sama. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data pre-test dan post-test dari angket kreativitas siswa serta nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa. Analisis data hasil penelitian berupa uji N-gain, normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang berupa uji Independent Sampel t-Test. analisis data dilakukan dengan software SPSS 20.0. Hasil uji Independent Sampel t-Test diperoleh bahwa data pengembangan karakter siswa dilihat dari sig.(2-tailed) < α (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga hasil belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka 𝐻𝑜 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pengembangan karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan pada materi keanekaragaman hayati.
Kata Kunci: Role Playing, Pengembangan Karakter, Hasil Belajar