STUDI EVALUASI PERKULIAHAN MICROTEACHING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Penulis

  • Ratna Unaida Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh
  • Fakhrah Fakhrah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkuliahan microteaching yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi, proses evaluasi ini meliputi (1) mengevaluasi perencanaan perkuliahan yang disusun dosen, (2) mengevaluasi proses pelaksanaan perkuliahan secara langsung. Subjek penelitian ini adalah 42 orang mahasiswa semester VI dan 4 orang dosen pengampu matakuliah microteaching. Objek penelitian ini adalah mata kuliah microteaching itu sendiri. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa, observasi dan dokumentasi saat perkuliahan berlangsung. Keabsahan data diketahui dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang terkumpul melalui angket, dokumentasi  dan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang terkumpul melalui wawancara, dan catatan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan hasil dari observasi selama pelaksanaan pembelajaran microteaching sudah memenuhi indikator pelaksanaan pembelajaran microteaching yaitu membuat dan mengkonsultasikan RPP kepada dosen pengampu, serta mempraktekkan keterampilan dasar mengajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01