UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SDN 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Dewi Asmika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim
  • Fachrurazi Fachrurazi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim
  • Maulidasari Maulidasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh  adanya permasalahan yaitu pencapaian target nilai rata-rata masih rendah banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan di SD Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA  materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan, aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA pada materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan dan respon siswa dalam peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Peusangan yang berjumlah 20 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan  adalah  Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan pada materi daur hidup hewan siklus I adalah 25% meningkat menjadi 85% siswa yang tuntas pada siklus I dengan peningkatan 60%. Aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada materi daur hidup hewan yaitu Persentase rata-rata kegiatan guru siklus I adalah 70,65% meningkat menjadi 96.65% pada siklus II dengan peningkatan 20%. Persentase rata-rata kegiatan siswa siklus I adalah 69,95% mengalami peningkatan pada siklus II  menjadi 97,3% dengan peningkatan sebesar 27,35%. Respon siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada materi daur hidup hewan pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Hal ini terbukti bahwa sebesar  65% siswa menyatakan sangat setuju, sedangkan siswa yang setuju sebesar 21% terhadap model pembelajaran yang ditetapkan oleh.

 

Kata Kunci : Model picture and picture, pembelajaran IPA, materi daur hidup  hewan, Hasil Belajar.

Diterbitkan

2021-05-01