PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 22 PEUSANGAN

Penulis

  • Zarwida Nora Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim
  • Faizah M Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran membaca dongeng dengan nyaring sebagai salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan pada siswa SD Negeri 15 Bireuen ternyata mayoritas siswanya belum menguasai dengan baik. Hal ini terbukti dengan rendahnya hasil belajar pada materi tersebut. Aktivitas dan respon siswa juga terkesan rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dongeng dengan nyaring di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes setiap akhir siklus, hasil observasi dan hasil wawancara. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 15 Bireuen yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan memperoleh hasil 60% pada siklus I yang termasuk dalam kategori kurang dan pada siklus II meningkat (25%) menjadi 85% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil observasi rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 76,81% yang tergolong dalam kategori cukup dan siklus II terjadi peningkatakan (10%) yaitu 86,81% yang tergolong dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 73,17% tergolong dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 85% yang termasuk kategori baik. Hasil wawancara dengan 3 orang siswa, yang terdiri 1 orang yang berkemampuan tinggi, 1 orang yang berkemampuan sedang dan 1 orang yang berkemampuan rendah, diperoleh respon yang sangat baik. Maka kesimpulannya dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dongeng dengan nyaring, meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta respon siswa kelas III  pada materi membaca dongeng dengan nyaring di SD Negeri 15 Bireuen sudah baik.

 

Kata Kunci:          Hasil belajar siswa, Organ pencernaan makanan manusia, Number Head Together.

Diterbitkan

2021-05-01