PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 GANDAPURA

Penulis

  • Wilda Hanum Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim
  • Rahmawati

Abstrak

Literasi sains sebagai kapasitas untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti  agar memahami dan membantu peneliti untuk membuat keputusan tentang dunia alami dan interaksi manusia dengan alamnya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah inkuiri terbimbing. Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Gandapura masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Pretes-Posttest Control Group Design. sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Gandapura. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling pada materi keanekaragaman hayati. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Gandapura. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-Tes menunjukkan  berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis Ha.

Diterbitkan

2021-12-28