ANALISIS KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MAN 3 BIREUEN

Penulis

  • Cut Mazlina Ilhami Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim
  • Rahmi
  • Tutiliana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MAN 3 Bireuen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Bireuen tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4 dan XI IPA 5. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dikarenakan berdasarkan hasil analisis nilai bahwa siswa memiliki karakteristik yang sama (homogen). Peneliti memilih sampel dari anggota populasi yang memiliki nilai rata-rata yang hampir sama atau memiliki nilai yang tidak jauh berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan software SPSS 21.0. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil uji Independent sampel t-Tes kreativitas belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka π»π‘œ ditolak dan π»π‘Ž diterima. Sehingga terdapat pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI MAN 3 Bireuen. Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,002< 0,05, maka π»π‘œ ditolak dan π»π‘Ž diterima. Sehingga terdapat pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadapΒ  hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MAN 3 Bireuen.

Diterbitkan

2021-12-28