PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Penulis

  • Zuina Phonna

Abstrak

Sebagian besar proses kegiatan belajar mengajar cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Interaksi antar siswa masih sangat rendah sehingga penguasaan konsep-konsep kimia menjadi sangat lemah dan mengakibatkan siswa kurang berminat mempelajari kimia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di samping itu juga ingin diketahui bagaimana cara menerapkan agar terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga diperoleh hasil yang maksimum. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa dalam berdiskusi kelompok, bagi guru sebagai salah satu contoh model pembelajaran dan bagi sekolah sebagai kontribusi yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus dibagi dalam tiga pertemuan.Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Kegiatan ini dilakukan di SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa pada kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 31 orang.Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/ 2020 selama 3 bulan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes hasil belajar, dan untuk mengamati perubahan aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Data yang diperoleh pada siklus pertama kemudian dianalisis untuk penentuan perencanaan tindakan pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran SSCS dapat mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas ditinjau dari (1) Meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar  siswa pada siklus 1 yaitu 71,37 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 77,14.  Ketuntasan klasikal dalam siklus I yaitu sebanyak 16 siswa atau (51,6%), pada siklus II  ketuntasan siswa mencapai 24 siswa atau (77,42%).  (2) Aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II 53,57 % ( cukup aktif) menjadi  85,71 (sangat aktif)%.

Biografi Penulis

Zuina Phonna

SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-08