PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

Penulis

  • Nurlaili

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks Anekdot dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Anekdot di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Classroom Action Research (CAR). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa yang berjumlah 25 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki- laki. Analisis data hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dilakukan dengan menghitung persentase kegiatan siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh Pencapaian hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia  melalui penerapan pembelajaran kooperatif model snowball throwing mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari aspek penilaian hasil belajar siswa. Nilai rata rata siswa meningkat dari 61,70 pada pra-siklus, menjadi 74,32 pada siklus I, lalu menjadi 88,72 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga meningkat dari 36 % pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman/hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Anekdot.

Biografi Penulis

Nurlaili

SMA Negeri 5 Langsa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-08