UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIK MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERMOMETER PADA SISWA KELAS X IPA 1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika materi suhu dan kalor pada siswa kelas X IPA 1 semester genap tahun 2020/2021 melalui penggunaan alat peraga termometer. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus/putaran. Setiap siklus dilaksanakan 2 siklus 2 kali tatap muka. Pada akhir dilaksanakan tes/pengukuran hasil belajar yang akan dijadikan tolak ukur hasil belajar siswa setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Langsa pada mata pelajaran Fisika materi suhu dan kalor yang berjumlah siswa 34 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan dengan taraf kepintaran yang heterogen. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif artinya hasil pembelajaran pertama dibandingkan dengan pembelajaran ke dua dan hasil siklus I hasil siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan II, maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Hal ini dapat di lihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada saat PBM berlangsung dan kemampuan guru dalam melaksanakan PBM. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga termometer dapat meningkatkan hasil belajar Fisika materi suhu dan kalor pada siswa kelas X IPA 1 semester genap SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut di tandai dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari Siklus I pertemuan Pertama 44%, siklus I pertemuan Kedua 68%, siklus II Pertemuan pertama 77% dan Siklus II Pertemuan Kedua 88% (klasikal tuntas).