PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MASA PERKEMBANGAN KEHIDUPAN NEGARA-NEGARA KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah materi perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia pada siswa XI IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020 melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 Semester 2 SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020 jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 18 Laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif artinya hasil pembelajaran pertama dibandingkan dengan pembelajaran ke duadan hasil siklus I hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang ditandai dengan perolehan nilai siswa sudah mencapai nilai diatas 75 yang merupakan batasan nilai ketuntasan belajar (KKM). Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 46,7%, siklus I pertemuan kedua 20 siswa atau 66,7%, siklus II pertemuan pertama 22 siswa atau 73% dan pada siklus II pertemuan kedua siswa yang mencapai tuntas 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar sejarah materi perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia pada siswa XI IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020