UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI MENULIS TEXT PROCEDURE MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS X IPA-1 SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi menulis Text Procedure pada siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 3 Langsa tahun pelajaran 2017/2018 melalui metode demonstrasi dengan penggunaan media realita. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X IPA-1 yang jumlah siswanya 34 terdiri dari 24 laki-laki dan 10 perempuan. Analisis data dengan cara deskriptif Komperatif yaitu dengan membandingkan hasil pembelajaran satu dengan hasil pembelajaran dua. Hasil siklus pertama dibandingkan dengan hasil siklus berikutnya. Analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan mengidentifikasi jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM dan jumlah siswa yang belum tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan belajar pada siklus I pertemuan pertama 47%, siklus I pertemuan kedua 76,5%, siklus II pertemuan pertama 82% dan siklus II pertemuan kedua 88% (klasikal tuntas). Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dengan penggunaan media realita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris materi menulis Text Procedure pada siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 3 Langsa tahun pelajaran 2017/2018.