PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 MUTIARA PIDIE

Penulis

  • Afnidar . Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim Bireuen

Abstrak

Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa di sekolah. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, selain membuat siswa menjadi aktif strategi ini juga mengajak siswa untuk menyelesaikan sendiri setiap permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan menemukan sendiri setiap permasalahan menjadikan informasi yang didapatkan siswa lebih lama tersimpan di memori siswa, sehingga menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Selain penggunaan strategi yang tepat, kepercayaan diri seseorang juga sangat menentukan prestasi belajar. Tingginya kepercayaan diri seseorang akan lebih mudah dalam menemukan jati diri dan menggapai sesuatu yang diharapkan, begitu juga sebaliknya dengan seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah menjadikan suatu penghalang dalam menggapai impian.

 

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Percaya Diri

Referensi

Akinoglu, O. 2008. Assessment of The Inquiry- Based Project Implementation process in Science Education Upon Student’s Points Views. International Journal of Instruction. Vol. 1, No. 1. Marmara University.

Amien. M. 1987. Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode “Discovery dan Inquiry”. Jakarta. Depdikbud. Dirjen Dikti P2LPTK.

Brickman, P., Cara, G., Norris, A, dan Brittan. H. 2009. Effect of Inquiry-Based Learning on Student’s Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. Vol.3. No. 2. Georgia Southern University.

Carin and Sund. 1989. Teaching Science Throught Discovery-Colombus, Ohio: Merril Publishing Company.

Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, O. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Penerbit Bumi Aksara

Herprawati. 2006. Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 bekasi. Tesis. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam As-Syafi’iyah.

Istiana. 2009. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi UMA. Tesis. Medan PPS-UNIMED.

Piaget. J. 1997. Physichology and Epistemology. Newjersey: The Viking Press.

Romizoski. A. J. 1981. Designing Instructional System Decision Making In Course Planning And Curriculum Desaign. New York: Nicolas.

Sanjaya, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Predana Media Group.

Sudjana, N. 1990. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Surya. M 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3. No. 46.

Sutrisno. 2008. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Dharmawangsa. Tesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-11