PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DIBANTU TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 1 JULI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Picture And Picture dibantu Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem respirasi pada manusia di SMP Negeri 1 Juli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu yang dikarenakan penelitian ini menggunakan dua buah kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 1 Juli yang terdiri atas 7 kelas dan berjumlah 140 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Claster Random Sampling. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes. Analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan rumus Chi Square, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture dibantu Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem respirasi pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Juli.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Picture And Picture, Talking Stick