PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTU MEDIA POWER POINT (PPT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 1 KUTABLANG

Penulis

  • Erni Julianti Universitas Almuslim
  • Zainatul Hasanah Universitas Almuslim
  • Rahmawati Universitas Almuslim

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Gallery walk berbantu media Power Point (PPT) terhadap hasil belajar pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Kutablang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 41 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA1sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrument tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Soft Ware SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki skor rata-rata n-gain 0,756 sedangkan 0,504, yang artinya hasil belajar lebih tinggi dari kelas kontrol. Selain itu, hasil analisis menggunakan uji- t, diperoleh nilai thitung (6,338) > ttabel (2,022), yang berarti sesuai criteria uji hipotesis jika nilai thitung > ttabel , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sesuai pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian tersebut terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Gallery Walk berbantu media Power Point (PPT) terhadap hasil belajar pada materi Virus di kelas X SMA Negeri 1 Kutablang.
Kata Kunci: Gallery Walk, Media Power Point, Hasil Belajar, Virus

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-05-31