PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Zainatul Hasanah Universitas Almuslim

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas
kontrol pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian adalah Quasi-Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas X SMAN Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 25 SMAN. Pemilihan sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang peserta didik.
Analisis data berupa uji Paired Sample t-Test, uji N-gain dan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas)
dan uji hipotesis. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan software 20.0. Untuk menguji hipotesis pada
penelitian ini digunakan uji Independent Sample t-Test. Hasil uji t terhadap data menunjukkan hasil uji
independent sample t-test diperoleh (ρ<.001) maka Ha diterima, jadi disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi pencemaran lingkungan di
kelas X SMAN Kabupaten Bireuen. Pembelajaran model PBL dipadu LKPD berbasis STEM menunjukkan
motivasi belajar lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran
konvensional pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMAN Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas
kontrol pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri kabupaten Bireuen.
Kata Kunci: Problem Based Learning, STEM, Motivasi Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-11-29