PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PRINSIP PROGRESSIVIST DI MTsN DARUL ULUM YPUI BANDA ACEH
Abstrak
ABSTRAK
Pendekatan yang tepat dalam pembelajaran menghasilkan output yang berkualitas. Pendekatan itu pula
dikehendaki terjadinta perubahan perilaku siswa dari kurangnya moral yang ditemuakan pada remaja, tentu perlu
dijelankan dengan cara yang menarik dan dengan prinsip keterbukaan. Penelitian ini menggunakan field research
(penelitian lapangan) yang dilakukan dI MTsN Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Hasil kajian lapangan yang
dilakukan di MTsN Darul Ulum YPUI Banda Aceh menunjukkan bahwa, untuk menjalankan prinsip pendidikan
progresivisme maka guru melaksanakan proses pembelajaran yang berprinsip bergerak maju yang dimulai
dengan: (1) memposisikan diri (pendidik) sebagaima penasehat, pengarah/pembimbing dan tidak otoriter, (2)
mempososikan peserta didik pada posisi sentral dengan menyadari potensi yang dimiliki masing-masing, dan (3)
melaksanakan proses pembelajaran berbasis masalah, untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelaran di kelas sehingga memberikan dampak langsung terhadap hasil belajar dalam kehidupan siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis