PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 PEUSANGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas
VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan uji placement test. Kelas VII.7
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas VII.5 sebagai
kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan uji t berbantukan SPSS
versi 22. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol (89.00 > 86.75) diperkuat dengan hasil uji t nilai sig. (2-tailed) 0.044 < 0.05 maka Ha diterima. Dengan
demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar