PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Aya Sopia Universitas Almuslim
  • M.Danil Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Zainatul Hasanah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas
VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan uji placement test. Kelas VII.7
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas VII.5 sebagai
kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan uji t berbantukan SPSS
versi 22. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol (89.00 > 86.75) diperkuat dengan hasil uji t nilai sig. (2-tailed) 0.044 < 0.05 maka Ha diterima. Dengan
demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-30