PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU DIRECT INSTRUCTION (PBLDI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Jannati Musvinta Universitas Almuslim
  • Erlia Hanum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Rahmawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBLDI terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh
dari hasil pretest dan postest pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PBLDI telah terbukti mempengaruhi kemampuan berpikir
kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 47,14% pada model pembelajaran PBLDI
dibandingan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji lanjut dapat dilihat bahwa model
pembelajaran PBLDI lebih meningkatkan kemamampuan berpikir kritis siswa jika dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional. Hasil rerata skor terkoreksi kemampuan berpikir kritis pada model PBLDI berbeda
sangat nyata dan lebih tinggi 18,91% dari pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model PBLDI, Berpikir Kritis

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-30