PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIRECT INSTRUCTION (PBLDI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning direct instruction
terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang
digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 54
siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah placemen test atau uji kesetaraan kelas, dimana kelas
XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 27
siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan
kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberikan pada kedua kelas. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan software SPSS versi 23 dengan analisis varian (ANOVA), diperoleh nilai a sebesar 0,000 ˂ 0,05.
Nilai rata-rata minat belajar terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 81,48% sedangkan pada kelas kontrol
sebesar 67,84% kemudian nilai rata-rata data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa terkoreksi pada kelas
eksperimen sebesar 92,96% hipotesis penelitian ini ada pengaruh penerapan model pembelajaran sedangkan
pada kelas kontrol sebesar 79,99%. Hal ini menunjukkan bahwa H ditolak dan H diterima, maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning direct instruction terhadap minat belajar dan
kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1
Peusangan.
Kata Kunci: PBLDI, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif