ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY M G3P2A0 DI PBB SAYANG IBU WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG

Authors

  • Audya Fitri Barokah Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Wenny Indah Purnama Eka Sari Poltekkes Kemenkes Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51179/jka.v10i1.2104

Abstract

Peran bidan dalam membantu penurunan AKI dan AKB adalah memberikan asuhan kebidanan sesuai dengan standar. Bidan berwenang memberikan asuhan pada ibu hamil, bersalin, nifas beserta bayinya dalam keadaan normal agar tetap dalam keadaan fisiologis dan memberi pertolongan pertama pada kasus kegawat daruratan dilanjutkan dengan rujukan. Salah satu cara untuk meningkatkan pembangunan kesehatan di Indonesia adalah dengan menerapkan asuhan kebidanan secara komprehensif untuk meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan Anak, yang dimulai dari kehamilan, persalinan, neonatus, nifas dan KB. Tujuan dari studi kasus ini adalah menerapkan pengetahuan dan keterampilan klinis secara langsung pada klien yang dimulai dari pengkajian, perumusan diagnosa dan/atau masalah kebidanan, perencanaan, implementasi, evaluasi dan pencatatan asuhan kebidanan menggunakan catatan perkembangan SOAP. Jenis laporan dalam bentuk studi kasus, dilaksanakan di PBB Sayang Ibu Wilayah Kerja Puskesmas Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Subjek adalah Ny “M” umur 32 tahun G3P2A0 UK 37 Minggu dengan keluhan sulit buang air besar. Hasil studi diperoleh bahwa asuhan kebidanan komprehensif yang diimplementasikan sesuai dengan standar, tidak ditemukan kesenjangan yang berarti. Penerapan standar 10T pada saat pemeriksaan kehamilan, ibu mendapatkan imunisasi TT, pada asuhan persalinan tidak ditemukan kesenjangan di kala I-IV, asuhan neonatus tidak ditemukan penyulit apapun mulai dari KN1 sampai KN3, asuhan kebidanan nifas dilakukan sesuai dengan standar yang dimulai dari KF1 sampai KF4, dan telah dilakukan konselimg untuk penggunaan KB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini dkk (2021). Asuhan Kebidanan Persalinan & BBL. Surabaya: UNUSAPRESS

Bima Aditya, K., & Setiawan, Y. (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Kematian Ibu (Aki) Dan Angka Kematian Bayi (Akb) Dengan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus: Provinsi Bengkulu). 59–66.

BPS Bengkulu. (2020). Data AKI dan AKB

Direktorat, S., Maternal, K., Neonatal, D., Kesehatan, D., Direktorat, K., Kesehatan, J., Kementerian, M., & Ri, K. (2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas Dan Bayi Baru Lahir Selama Social Distancing.

Ilmiah, J., & Imelda, K. (2020). Pengaruh Konsumsi Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Peningkatan Produksi ASI (Vol. 6, Issue)

JennyKartika, & Setiawati. (2022). Pengaruh Pemberian Aromatherapy Citrus Lemon Terhadap Insomnia Pada Ibu Hamil Trimester Iii (Vol. 13, Issue 1).

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi 3. Jakarta: Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kemenkes RI

Kurniarum (2016). Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Pusdik SDM Kesehatan.

Mardiani, & Atsrimi. (2021). Pengaruh Pemberian Aromatherapy Lavender Pada Persalinan Kala II (Vol. 17, Issue 2).

Nety Rustikayanti, R., Kartika, I., & Herawati, Y. (n.d.). Perubahan Psikologis Pada Ibu Hamil Trimester Iii Adaptation Of Psychological Changes In The Third Semester Of Pregnant Women.

Novita Sari, st, Karya Husada Semarang Semarang, S., & Runjati, nd. (2020). Practices of Counter Pressure and Birth Ball Exercise Combination to Increase β-Endorphin Hormone Levels in Labor Pain.

Nukuhaly, H. (n.d.). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Yang Mengalami Ketidaknyamanan Sering Buang Air Kecil. In Jurnal Kebidanan (JBd) (Vol. 2, Issue 2).

Rahayu, T. B., & Ananti, Y. (n.d.). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Senam Hamil Dengan Ketidaknyamanan Kehamilan Trimester Iii Relationship Of Pregnant Women’s Knowledge Levels About Pregnancy Exercise With Pregnancy Discomfort In Trimester Iii.

Rukiyah dan Yulianti. (2018). Asuhan Kebidanan pada masa Ibu Nifas. Jakarta:Trans Info Medika

Sondakh (2013). Asuhan Kebidanan Persalinan & BBL. Malang: ERLANGGA

Sulistyawati, E., Wijayanti, A. R., Ratnasari, R., Fitriani, I. S., & Artikel, S. (2022). Universitas Muhammadiyah Ponorogo Health Sciences Journal. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/HSJ

Suryani, P., & Handayani, I. (2018). Senam Hamil Dan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester Ketiga. www.jurnalibi.org

Wahda Aisya, M., Rauf, E. L., & Ahaya, J. (n.d.). Hubungan Teknik Mengedan Dengan Kejadian Ruptur Perineum Pada Ibu Bersalin Di Puskesmas Tibawa Kabupaten Gorontalo.

Walyani & Purwoastuti. (2020). Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Audya Fitri Barokah, & Wenny Indah Purnama Eka Sari. (2024). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY M G3P2A0 DI PBB SAYANG IBU WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 10(1), 12–17. https://doi.org/10.51179/jka.v10i1.2104