Upaya Peningkatan Kemampuan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Kelompok B2 (5-6 Tahun)

Authors

  • Anita Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Universitas Almuslim
  • Dwi Adhinda Junaidi Putri Universitas Almuslim

Keywords:

Bahan Alam, Mengecap, Kreativitas Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas anak adalah dengan kegiatan mencap dengan menggunakan bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Negeri Ruhul Fata. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 7 anak dengan persentase 50% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 12 anak dengan persentase 86%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan dikatakan berhasil apabila mencapai ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 70% taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 93% taraf keberhasilan kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55%, hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 87% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mencap dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas anak pada kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Negeri Ruhul Fata Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dkk Yuliani, Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Jasmani and N. Safarati, “Penerapan Metode Picture and Picture Dengan Tema Binatang UntukK Meningkatkan Kemampuan Kognitif Aanak Usia Dini Kelompok B di PAUD Al-Muslim Panggoi Kota Lhokseumawe,” JUPEGU-AUD, 2020.

Suryany; and N. Safarati, “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE JARITMATIKA PADA KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN DEWANTARA,” JUPEGU–AUD J. Pendidik. GURU ANAK USIA DINI, vol. 01, no. 02, pp. 84–88, 2020.

Munandar U, Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Nursisto, Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999.

B. E. . Montolalu, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

W. dan D. D. Kusumah, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Anita, Nanda Safarati, & Adhinda Junaidi Putri, Dwi . (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Kelompok B2 (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(2), 65–69. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1161